Apa Itu Referral? Jenis-Jenis Referral

Referral adalah sistem dimana kita akan membawa (refer) pengunjung/pembeli/orang baru ke satu situs tetentu. Jika pengunjung tersebut berminat menjadi anggota, biasanya kita akan dijanjikan komisi dari situs tersebut. Referral kalo diistilahkan dalam bahasa sehari hari bisa jadi makelar. Dalam arti, pihak yang menawarkan sesuatu, milik pihak lain melalui ikatan bisnis.
Kelebihan Memiliki Referral?

Kelebihannya dari memiliki normal;”>Referal, ini bisa menjadi salah satu pendapatan tambahan bagi kita. Bila Referral yang kita milik aktif, Upgrade Account dan sebagainya, kita akan mendapatkan komisi.

Jenis-Jenis Referral

Dalam dunia PTC kita mengenal ada 2 jenis referral, yaitu Direct Referral dan Rent Referral.

1. Direct Referral (referral langsung), yaitu seseorang yang mengikuti PTC melalui link referral seseorang. Misalnya teman anda mengikuti PTC melalui link referral anda, maka secara otomatis dia menjadi direct referral anda.

2. Rent Referral (referral sewaan), yaitu seseorang yang mengikuti PTC tanpa melalui link referral seseorang, yang kemudian secara otomatis dia akan menjadi referral dari admin PTC tersebut dan dia menjadi properti dari PTC tersebut untuk disewakan kepada membernya yang lain. Karena itu jadilah referral saya jika anda tidak mau disewakan oleh admin PTC anda, itu pun jika anda berkenan..hihihi
Direct referral tidak memerlukan biaya apapun, kita tidak harus membayar sepeserpun ke PTC yang kita ikuti untuk mendapatkan direct refrral ataupun untuk mengelolanya. Ia seperti mesin yang kita gunakan untuk bekerja tanpa harus mengisinya dengan bahan bakar, dan kita bisa mendapatkan bagian dari komisi penghasilannya tanpa kita melakukan apapun. Namun, jika anda menjadi direct referral dari seseorang anda tidak perlu kecewa dengan penjelasan tadi karena penghasilan anda tidak akan berkurang sedikitpun. Dan anda pun mendapatkan link tersebut dari dia yang sudah berusaha untuk mendapatkan direct referral.

Berbeda dengan direct referral, rent referral memerlukan pengaturan yang hati-hati dalam mengelolanya. Kita harus aktif mengawasinya jika kita tidak mau rugi. Ia sama dengan karyawan yang kita bayar untuk memberikan penghasilan kepada kita. Dan tidak semua karyawan memiliki etos kerja yang baik, karena itu kita harus pandai dalam mengelolanya.

Banyak rent referral yang tidak memberikan penghasilan apapun kepada kita karena dia tidak aktif di PTC sehingga tidak memiliki penghasilan, yang secara otomatis komisi kita dari penghasilannya pun menjadi nol. Karena itu kelolalah rent referral anda dengan baik mengikuti aturan yang berlaku di PTC yang anda ikuti, seperti:

Auto pay: jika kita menyewa referral untuk 30 hari dan kita hendak memperpanjang masa sewa refrral tersebut maka aktifkan saja autopay (bayar otomatis)
Recycling: jika kita menyewa referral dan ternyaat dia tidak aktif maka kita harus melakukan recycling (pecat dia dan ganti dengan yang lain) supaya kita tidak rugi karena dia tidak menghasilkan apa-apa untuk kita setelah kita menyewanya. Dan untuk melakukan recycling biasanya ada biaya tambahan namun tidak terlalu mahal.

Nah kira-kira itu tadi guys sekilas mengenai pengertian referral, bagaimana ? Kalian tertarik sob? silahkan coba saja sob, mungkin kalian bisa sukses dan berhasil mimin doain deh…hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *